Konsumsi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Posted by Unknown on Friday, January 18, 2013

makanan ibu hamil
Mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil memang sangat dianjurkan. Makanan sehat memang tidak melulu untuk ibu hamil, siapapun yang peduli akan kesehatannya maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang sehat ini tidak lah melulu yang mahal, melainkan yang sesuai dengan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Ibu hamil memang cenderung ingin selalu makan, hal ini mungkin disebabkan ibu hamil sedang mengandung anak sehingga kebutuhan akan karbohidrat menjadi meningkat. Ibaratnya porsi untuk dua orang. Gizi yang cukup, nutrisi, vitamin dan mineral akan membantu perkembangan janin menjadi lebih sehat. Jangan mengkonsumsi makanan asal-asalan apalagi makanan tersebut mengandung zat kimia yang nyata-nyata berbahaya bagi kesehatan anda, terlebih bagi perkembangan sang buah hati. Tidak mudah loh untuk hamil itu, perlu cara cepat hamil dan proses. Dan setelah anda hamil sebaiknya bijak dalam memilih makanan demi perkembangan sang buah hati.

Makanan yang sehat dan bergizi tidaklah sulit ditemukan, berikut makanan yang disarankan bagi ibu hamil.

1. Makanan berprotein akan sangat diperlukan bagi perkembangan dan pertumbuhan janin anda, Protein ini bisa anda dapatkan pada telur ayam. Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi pada kuning telurnya, anda bisa mengkonsumi telur 4-5 butir per minggu. Selain telur, Ikan salmon juga bagus karena sama-sama mengandung protein dan Omega 3 yang bagus untuk perkembangan sel otak anak anda nanti. Namun cukup sulit bagi kita mendapatkan ikan salmon yang masih segar dan terjaga kualitasnya.

Kacang buncis juga bagus selain protein juga terdapat serat yang bagus bagi perkembangan janin.

2. Ubi jalar dan sayuran. Tidak ada yang lebih baik makanan bagi ibu hamil selain makanan yang disediakan oleh alam. Yakni ubi jalar dan sayuran yang masih segar berwarna hijau tua. Sayur Bayam sangat bagus dan dianjurkan. Makanan ini mengandung vitamin C, Folat serta protein yang sangat baik bagi kesehatan anda juga kesehatan bayi anda.

3. Buah-buahan. Ini juga tak kalah dianjurkannya bagi ibu hamil. banyak-banyaklah mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan sangat kaya akan vitamin dan nutrisi yang bagus untuk perkembangan sang bayi dalam kandungan. Biasanya saat ibu hamil banyak mengkonsumsi buah-buahan nanti anaknya ketika lahir akan pintar.  dan memang benar, nutrisi yang dihasilkan oleh buah-buahan membantu perkembangan otak bayi anda saat didalam kandungan.

4. Daging yang memiliki sedikit lemak atau bahkan tanpa lemak menjadi makanan yang disarankan bagi ibu hamil. Kandungan protein hewani dari daging juga sangat bagus bagi perkembangan janin.

5. Yoghurt sebagai penyumbang kalsium atau Vitamin D, Kacang merah dan brokoli dan susu skim.

Makanan yang disarankan bagi ibu hamil diatas sebaiknya dipenuhi, walaupun disarankan bukan berarti anda harus berlebihan mengkonsumsi, tapi tetap secara teratur dan memperhatikan kadar gizi seimbang. Apapun yang berlebihan walaupun pada dasarnya makanan menyehatkan tetap saja akan menjadi buruk.

Makanan tersebut akan menjadi tidak berarti jika pola hidup dan pola makan sehat ibu hamil tidak dijaga. Percuma saja jika ibu hamil mengkonsumsi makanan sehat tetapi tetap meminum-minuman berlakohol ataupun merokok. Pola hidup sehat seperti tidak melakukan aktifitas yang berlebihan apalagi sampai bergadang justru akan membuat kondisi fisik anda menurun, hal ini juga mempengaruhi kondisi kesehatan calon bayi anda.


{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment